Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

ImanSensei.com - 皆さんこんにちは, kali ini saya mau sharing mengenai cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Karena ini juga disharingkan oleh teman saya ketika kemarin di Universitas Darma Persada ada yang namanya Kaiwa Club, kegiatannya disitu adalah kita berbicara dengan menggunakan bahasa Jepang, jadi kita nantinya akan terbiasa.

Karena memang kalau menurut saya, bahasa itu hanya merupakan seberapa sering kita menggunakannya, kalau kita tidak pernah menggunakannya tiap hari ya sudah pasti kita akan lupa dan lupa dan tidak akan mungkin bisa fasih dan lancar dalam berbahasa.

Karena tahu ngga sih? Kita dalam sehari itu berapa ribu kata yang kita ucapkan? Kalau tidak salah kita mengucapkan sekitar minimal 10ribu kata dalam satu hari. Nah kalau itu kita gunakan ke bahasa yang ingin kita pelajari, tiap hari saja belajar rutin mengucapkan 10ribu kata tersebut, walau misalnya kata-katanya itu lagi dan itu lagi dan itu lagi, nanti akan membuat kita terbiasa dan kemudian jadi hafal dengan sendirinya dan pada akhirnya fasih deh.


Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Nah ini langsung saya sharingkan saja ya, catatan dari teman saya yang kemarin ikutan Kaiwa Club di Universitas Darma Persada. Saya belum ikut karena ngga tahu kemarin itu ada, mungkin minggu depan saya akan ikut, dan nanti akan Insya Allah rutin saya posting jadi sebuah catatan di blog saya ini, sehingga yang lain juga bisa ikutan belajar juga dan bisa mendapatkan manfaat dari blog belajar bahasa Jepang saya ini.

Nih buat yg kemaren gk ikut kaiwa club, kemaren di ajarin jiko shoukai atau perkenalan yg bener

Perkenalan yang basic, yang biasa dipakai, namun di variasikan dengan ditambahkannya hobi dan asal kota :

自己紹介 【じこそうかい】

1. おはようございます ⁄ こんにちは ⁄ こんばんは

2. 始めまして、私は Nama です。【はじめまして、わたしは Nama です。】

3. 趣味は Hobi です。【しゅみは Hobi です。】

4. 出身は Asal Kota です ⁄ Asal Kota から来ました。【しゅっしんは Asal Kota です ⁄ Asal Kota からきますた。】

5. どうぞよろしくおねがいします。

Kalo memperkenalkan diri di hadapan orang lain yang bukan mahasiswa / dosen unsada :

1. おはようございます ⁄ こんにちは ⁄ こんばんは

2. ダルマプルサダ大学の日本語学科、Tingkat Keberapa / Tahun keberapa。Nama です。どうぞよろしくおねがいします。【ダルマプルサダだいがくのにほんごがっか、Tingkat Keberapa / Tahun Keberapa。Nama です。どうぞよろしくおねがいします。】

catatan :
1. untuk jikoshoukai yg kedua gk harus darma persada, misalkan lo kerja di toyota bisa jadi begini トヨタの会社員 【Karyawan Perusahaan Toyota】

2. Trus yg Tingkatan itu bukan persemester itungannya, dan ditulis begini 一年生 【いちねんせい】  (Tahun pertama / Tingkat pertama), 二年生 【にねんせい】  (Tingkat kedua / Tahun Kedua) dan seterusnya.

3. Kosakata :
しゅみ Hobi
しゅっしん Asal Kota
から Dari
きます Datang
にほんごがっか Sastra Jepang
だいがく Universitas

Ini mau saya catat dulu aja disini baru nanti kalau saya sempat baru akan saya rapikan biar lebih enak untuk dipelajarinya dan ngga ngebuat bingung juga. Kalau seperti di atas, mungkin sepertinya masih ngebuat bingung ya? Nah makanya nanti Insya Allah kalau saya sempat akan saya buat lebih rapih lagi.

Sekian dulu kalau begitu sharing dari saya mengenai memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang ini. Semoga bisa bermanfaat. じゃ また

Comments