Belajar Membaca Tulisan Jepang

ImanSensei.com - 皆さんこんにちは, kali ini saya mau sharing belajar membaca tulisan Jepang. Pertama kan kita belajar tulisan Hiragana dulu ya? Kemudian kita belajar Katakana dan kemudian baru kita belajar Kanji.

Nah yang saya rasakan ketika kita belajar menulis tulisan Hiragana seringkali ketika kita membaca, masih tergagap-gagap, ngerasa kaya gitu tidak? Makanya memang seharusnya kita juga belajar membacanya, agar ketika kita melihat tulisan Jepang di depan kita, apakah itu Hiragana, atau Katakana atau campur dengan Kanji juga kita bisa langsung membacanya dengan mudah dan lancar. Walau mungkin kita belum mengerti artinya.


Belajar Membaca Tulisan Jepang Dari Buku Anak-Anak

Nah kebetulan saya ada Japanese Graded Readers. Apa itu Japanese Graded Readers? Japanese Graded Readers itu adalah buku bacaan untuk anak-anak Jepang yang disusun berdasarkan levelnya. Ini juga ada di bahasa Inggris, dimana kita bisa belajar dari mula sekali seperti anak-anak Jepang belajar dari awal, kan mereka juga belajarnya tulisan Hiragana dulu dan kalau kita lihat buku-buku untuk anak-anak Jepang ditulisnya menggunakan Hiragana dulu agar mereka bisa lancar dulu membaca Hiragananya dan kemudian juga Katakananya baru lanjut ke Kanji.

Untuk belajar Kanji juga kan mereka dibagi-bagi juga, ngga langsung belajarin 2136 Kanji secara langsung, tapi ada level-levelnya juga.

Nah buku untuk anak-anak ini saya punya versi audionya juga dimana yang membacakannya juga adalah orang Jepang asli, jadi kita bisa membaca dengan mendengar audionya, bisa tahu kalau kita salah membacanya atau ngga dengan mendengar audio si orang Jepang membaca. Ini sangat bagus sekali untuk kita belajar pronunciation Jepang dari awal kita belajar bahasa Jepang.


Buku Pertama Japanese Graded Readers

Kita lihat bukunya dibawah ini, kemudian nanti tulisan yang ada disana akan saya masukkan kesini berikut juga dengan audionya satu per satu sehingga teman-teman bisa ikutan mempelajarinya dengan membaca dan mendengarkannya.

Belajar Membaca Tulisan Jepang


Yuk mari kita simak, saya akan berikan versi yang ada kanjinya, dan juga nanti di bawahnya akan saya buat juga versi yang semuanya Hiragana. Jadi terserah mau baca yang mana, lumayan untuk kita latihan membaca tulisan Jepang dan juga belajar pronunciationnya.

バス。

  鈴木正雄さんは、二十歳です。
鈴dibaca すず
木dibaca き
 正dibaca まさ
雄dibaca お
二 dibaca は
十 dibaca た 
歳 dibaca ち

  バスの運転手です。
運 dibaca うん
転  dibaca てん
手 dibaca しゅ

  毎日、上田から丸山まで、
毎 dibaca まい
日 dibaca にち
上 dibaca うえ
田 dibaca だ           
丸 dibaca まる
山 dibaca やま

  バスを運転します。
運 dibaca うん
転 dibaca てん


Nah sepertinya segitu dulu ya, dan saya rangkum aja buat yang ingin melatih membaca langsung di bawah ini, berikut juga dengan audionya.


Membaca Tulisan Jepang Dengan Kanji

Silakan bisa langsung dibaca di bawah ini,
バス。
鈴木正雄さんは、二十歳です。
バスの運転手です。
毎日、上田から丸山まで、
バスを運転します。




Membaca Tulisan Jepang Versi Hiragana

Dan dengan Hiragananya, untuk bagian yang Katakana tetap tidak dirubah ya,
バス。
すずきまさおさんは、はたちです。
バスのうんてんしゅです。
まいにち、うえだからまるやままで、
バスをうんてんします。



Nah kalau begitu sekian dulu ya mengenai belajar membaca tulisan Jepang ini. Nanti akan saya sambung di tulisan yang berikutnya. Karena ini kan masih untuk pemula banget, jadi mulai sedikit-sedikit dulu ya.

Comments