Kanji Ima Nan Ji

ImanSensei.com - Belajar kanji Jepang lewat film itu ternyata seru lho. Untuk bisa fasih setidaknya untuk kita bisa membaca tulisan yang terdapat di surat kabar Jepang, kita harus menguasai 2136 karakter kanji.

Kebetulan sekarang saya lagi mulai mempelajari kanji, dan ada buku yang bagus untuk kita belajar kanji, disitu dijelaskan mengenai stroke atau coretannya seperti apa untuk tiap-tiap kanjinya. Judul bukunya adalah A Guide To Reading and Writing Japanese.

Pertama di buku itu kita akan belajar sebanyak 1006 karakter kanji penting, yang dibagi menjadi enam tingkat. Kalau saya sendiri mencoba belajar kanji lewat film.

Belajar Kanji Ima Nan Ji Lewat Film

Saya menonton film drama Jepang judulnya Beautiful Rain, dan saya mencoba menggunakan subtitle Jepang, jadi sambil mendengarkan apa yang diucapkan, saya juga belajar melihat kanji atau tulisan Jepangnya seperti apa, seperti misalnya contoh skrinsut berikut ini dari film Beautiful Rain tersebut.

Kanji Ima Nan Ji

Seperti itu dimana disitu ada tiga kanji yang bisa kita pelajari, sementara kanji yang ada di dalam tanda kurung itu adalah kanji untuk nama Miu, anak kecil yang lagi bangun itu. Dia berkata "ima nan ji? (今 何時?) " yang artinya adalah jam berapa sekarang?


Kanji Ima

Ima itu kanjinya adalah 今 dan kemudian saya mulai mencari di buku A Guide To Reading and Writing Japanese kemudian saya mendapati seperti ini,

Kanji Ima

Dari gambar di atas bisa kita lihat kita butuh 4 coretan untuk bisa membuat kanji ima ini, dan itu tulisan 138 itu adalah urutan kanji tersebut kalau di buku A Guide To Reading and Writing Japanese, tapi saya lagi senang belajar kanji dengan cara lompat gini. Di buku A Guide To Reading and Writing Japanese kanji ini ada di halaman 41.

Dan saya menemukan video mengenai kanji yang dijelaskan oleh orang Jepang, dia mengatakan bahwa sebuah kanji itu nanti kalau bertemu dengan kanji lain penyebutannya jadi berbeda, kita bisa tonton videonya di bawah ini,


Di video itu dia menjelaskanjuga mengapa sih orang Jepang itu masih menggunakan kanji walau untuk bisa mengerti kanji itu juga ngga gampang.


Kanji Nani

Nah berikutnya untuk kanji nani, atau disitu bentuknya jadi nan, nan ji? Jam berapa? Nani ini artinya adalah apa, tapi ketika bertemu dengan ji, ji itu artinya jam, nan ji itu tidak diartkan menjadi jam apa, tapi menjadi jam berapa.

Kita lihat kanji nani di gambar berikut ini, di buku A Guide To Reading and Writing Japanese kanji ini terdapat di halaman 31 atau urutan ke 86 dari kanji yang dipelajari di buku tersebut.

Kanji Nani

Butuh tujuh coretan untuk kita menggambar kanji nani ini. Saya merasakan kalau belajar kanji lewat hal seperti ini kita akan jadi lebih mudah untuk menghafalnya ketimbang kalau kita urutan satu per satu menghafal kanjinya.


Kanji Ji

Kemudian kita belajar kanji selanjutnya yaitu ji untuk jam, karena ada juga ji untuk yang lain selain artinya jam. Nah kalau sudah berbicara masalah kanji,  kenapa juga masih digunakan, karena kalau kata Yuta san di video yang saya embedkan di atas, dia mengatakan, satu kansei, bisa ada beberapa kanji, dan memiliki arti yang berbeda, sementara kalau dituliskan menggunakan hiragana akan sama saja yaitu かんせい.

Saya jadi ingat waktu saya menemani orang Jepang, teman ayah saya di Indonesia, ketika kita pergi ke kampus-kampus, kita bersama penerjemah bahasa Jepang, orang Jepang itu berkata dengan penerjemahnya, kemudian dia bertanya, coba tolong tulis kanjinya dong. Nah mungkin itu tadi seperti kata kansei tadi, dimana kalau dituliskan dengan huruf Hiragana akan sama saja, tapi begitu sudah ditulis dengan kanji maka artinya baru akan ketahuan bedanya.

Kanji ji bisa kita lihat pada gambar di bawah ini, terdapat di halaman 44, atau urutan ke 151 di buku tersebut,

Kanji Ji

Butuh 10 goresan untuk kita membuat kanji ji ini. Ji yang ini biasanya digunakan untuk menanyakan jam atau menuliskan jam juga, jam 10 atau jam 9 atau jam berapa pun biasanya ji-nya menggunakan kanji yang ini.

Kita lanjut lagi nanti untuk kanji yang lain ya, sekalian ini juga kan saya lagi belajar kanji, jadi kita belajar sama-sama di blog belajar bahasa Jepang Iman Prabawa ini ya. Sekian dulu sharing dari saya mengenai kanji ima nan ji ini. Semoga bermanfaat.

Comments