Perbedaan Hiragana dan Katakana Dalam Bahasa Jepang

ImanSensei.com - Perbedaan Hiragana dan Katakana dalam bahasa Jepang itu apa sih? Mungkin ada teman-teman yang bertanya mengenai hal itu dan teman-teman pastinya kalau sudah begini lagi tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang dan mulai tertarik juga untuk mempelajari penulisan dalam bahasa Jepang.

Penulisan dalam bahasa Jepang kita kenal mempunyai tiga huruf atau tiga karakter yang mereka gunakan. Yaitu huruf Hiragana, huruf Katakana dan Kanji atau karakter yang diambil dan diadopsi dari negara Cina.

Huruf Hiragana dan huruf Katakana itu sama-sama jumlahnya, sama-sama dasarnya adalah 46 huruf dasar mereka tersebut. Lalu kemudian apa dong bedanya di antara kedua huruf atau karakter ini?

Perbedaan Antara Hiragana dan Katakana

Satu yang membedakan adalah bentuknya, bentuk antara keduanya jelas berbeda. Yang satu lebih membulat bentuknya sementara yang satunya lebih mengkerucut dan menyudut. Yang membulat itu, membulat ini adalah istilah saya di dalam menggambarkan seperti apa sih huruf Hiragana itu. Untuk jelasnya teman-teman bisa browsing aja NHK dan melihat selengkapnya dari ke-46 huruf Hiragana tersebut sehingga teman-teman nantinya akan mengerti dan paham dengan apa yang saya maksud dengan bentuk hurufnya membulat.

Sementara bentuk huruf yang menyudut itu dan banyak sudut tajamnya itu adalah huruf Katakana, silakan aja teman-teman browsing dan melihat sendiri sehingga teman-teman akan paham dengan maksud saya menyudut dan banyak sudut tajamnya. Dan huruf Katakana ini terkesan lebih kaku ketimbang huruf Hiragana. Kalau huruf Hiragana saya bilang terasa lebih luwes dan tidak kaku.

Kemudian perbedaan lain antara huruf Hiragana dengan huruf Katakana itu apa? Dalam penggunaannya tentunya berbeda. Kalau huruf Hiragana itu digunakan untuk  menulis kata-kata yang berasal dari Jepang asli, sementara kalau huruf Katakana itu digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari luar bahasa Jepang atau kata-kata serapan.

Misalnya kalau saya ingin menulis nama saya dalam huruf Jepang, maka saya akan menggunakan huruf Katakana, begitu juga dengan teman-teman yang orang Indonesia, tapi kalau orang Jepang asli mereka akan menuliskan nama mereka dengan menggunakan huruf Hiragana. Itu contoh yang sangat sederhana aja ya.

Misalnya contoh yang lain kata (ルーラー) ruuraa yang dalam bahasa Jepang itu artinya adalah penggaris. Nah kata ruuraa ini diambil dari bahasa Inggris ruler, makanya mereka menuliskannya dengan menggunakan huruf Katakana untuk penulisan ruuraa ini. Sementara misalnya (じてんしゃ)jitensha, yang kalau dalam bahasa Jepang itu artinya adalah sepeda, nah ini penulisannya adalah menggunakan huruf Hiragana.

Kira-kira seperti itu perbedaan Hiragana dan Katakana dalam bahasa Jepang teman-teman. Semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Wassalam.

Comments

  1. Cuma memaparkan pemahaman aja.... jadi kalo huruf hiragana itu hanya berhubungan dengan yg berada didalam jepang aja seperti tadi sepeda contoh lain rumah... kalo kata kana itu yg berada di luar lingkungan jepang contoh tadi nama kita contoh lain nya misal nama daerah yg kita tinggali.... bener ga si? :v

    ReplyDelete
  2. beerarti kita harus hapal 2 kanji in dong :"
    aku belajar hiragana kok ada kanji yang gak ku paham ternyata ada 2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan kanji, ini huruf Hiragana dan Katakana, kanji beda lagi. Nanti kanji juga kudu dihafalin lagi, jadi ada 3 yang harus dihafal, Hiragana, Katakana dan Kanji. Kanji itu amat jauh lebih susah ketimbang Hiragana dan Katakana.

      Delete
  3. bang ibu saya kan ngasih saya nama jepang (shosan) berarti pake hiragana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kamu orang Jepang, pake Hiragana, tapi kalau kamu masih orang Indonesia, berarti nulisnya pake Katakana.

      Delete
  4. Kalau misalnya kita orang Indo nulis surat untuk orang Jepang, apa kita boleh pakai huruf katakana?

    ReplyDelete
  5. Kak knp hrs ada pembagian bhs. Katakana utk org asing, sedangkan hiragana utk org jepang asli dan kanji utk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ngga cuma itu aja sih fungsi katakana, tapi juga katakana sering dipake buat kalau di kita itu tulisan yang dibold itu juga biasanya pake katakana. Karena mereka ngga pernah pake bold ketika nulis, jadi ya pakenya ditulis pake katakana kalau mereka mau nekenin sesuatu! Jadi, itu gaya penulisan mereka, kenapanya kamu coba tanya orang Jepang aja, kenapa harus dibedain kaya gitu? Pasti mereka punya alasannya sendiri kenapa mereka bedain. Tapi kalau ngelihat dari sejarah, awalnya cuma ada kanji doang yang mereka ambil dari tulisan Cina. Mereka belajar dari Cina dan karena Jepang ngga punya abjad, maka mereka belajar dari Cina dan kemudian ngambil dari Cina, dan mereka namakan sebagai kanji. Awalnya semuanya kanji, tapi karena kanji itu susah banget maka mereka mulai membuat versi sederhana yang lebih mudah dari kanji, hadirlah kemudian katakana dan hiragana dan kemudian mereka mulai bedakan peruntukannya, hiragana untuk seperti yang saya jelaskan dan katakana untuk seperti yang saya jelaskan agar lebih mudah. Begitu sejarahnya. Tapi untuk detailnya sih kamu perlu tanya orang Jepangnya langsung sih.

      Delete
  6. kalau menuliskan angka misalnya 25(duapuluh lima) pakainya kata kana dong?

    ReplyDelete

Post a Comment