Apa Itu Huruf Katakana?

ImanSensei.com - Apa itu huruf Katakana? Huruf Katakana adalah huruf yang digunakan orang Jepang untuk penulisan mereka. Mereka para orang Jepang tersebut menggunakan tiga buah huruf atau tiga buah karakter di dalam sistem penulisan mereka yaitu huruf atau karakter Hiragana, kemudian huruf atau karakter Katakana dan yang terakhir adalah karakter Kanji.

Kalau karakter Kanji ini diambil dari Cina. Jadi memang diadopsi dari Cina untuk karakter Kanji ini sementara untuk karakter Hiragana adalah merupakan penyederhanaan dari karakter Kanji yang dibuat sekitar abad ke-8 hingga abad ke-10.

Mengenal Huruf Katakana

Nah huruf Katakana ini jumlahnya yang dasarnya ad 46, tapi nanti teman-teman akan mempelajari tambahannya juga yaitu penulisan huruf dasar Katakana tersebut kemudian ditambahkan dengan bulatan kecil di atasnya atau garis dua di atasnya.

Atau juga kombinasi antara huruf konsonannya dengan ya, yu dan yo. Huruf Katakana ini biasanya digunakan untuk menuliskan kata-kata yang bukan berasal asli dari Jepang, seperti kata serapan yang diambil dari luar Jepang dituliskannya dengan huruf Katakana.

Penulisan nama kita sebagai orang Indonesia juga pastinya akan menggunakan huruf Katakan ketimbang menggunakan huruf Hiragana. Kemudian ada juga untuk penekanan kata, juga bisa juga menggunakan huruf Katakana.

Kalau teman-teman melihat huruf Katakana itu terlihat jelas bahwa huruf Katakana itu terkesan kaku yang menyudut. Sementara kalau huruf Hiragana itu terlihat lebih luwes dan banyak lekukan. Teman-teman bisa browsing aja di NHK untuk melihat daftar lengkap dari kedua jenis huruf atau karakter tersebut.

Sekian dulu sharing dari saya mengenai apa itu huruf Katakana dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Wassalam.

Comments