Apa Itu Huruf Hiragana?

ImanSensei.com - Apa sih huruf hiragana itu? Huruf hiragana itu adalah huruf yang digunakan di dalam penulisan bahasa Jepang. Kan ada tiga tuh yang digunakan di dalam penulisan bahasa Jepang, yaitu huruf Hiragana, huruf Katakan dan Kanji.

Ada satu lagi sih, namanya huruf romawi, yang seperti teman-teman lagi baca ini. Tapi sebenarnya kalau di dalam penulisan bahasa Jepang asli sih ngga ada ya penulisan romawi ini. Penulisan romawi atau di bahasa Jepang disebut dengan romaji adalah penulisan yang diperuntukkan agar orang-orang yang bukan orang Jepang bisa mengerti, makanya orang Jepang juga belajar penulisan seperti yang biasa kita gunakan ini.

Di Rusia juga pastinya juga belajar tuh penulisan romawi, walaupun mereka juga punya cara penulisan sendiri. Kan mereka punya sendiri huruf-huruf mereka, tapi pastinya setiap orang Rusia tahu bagaimana cara membaca huruf romawi karena semua bagian dari belahan dunia menggunakan huruf romawi.

Di Arab juga pastinya belajar juga tuh huruf romawi, kenapa? Karena memang huruf romawi digunakan oleh sebagian besar penduduk dunia. Kalau saja Arab itu mengisolasi dirinya dan tidak peduli dengan kedatangan para turis ke negaranya, dan cuek aja pake huruf Arab dimanapun dan sama sekali tidak ada huruf romawi sama sekali pastinya akan sulit dong para turis datang kesana.

Atau negara lain seperti Jepang, Cina, Rusia, Arab, di negaranya tidak menggunakan sama sekali huruf romawi ya nantinya turis akan sulit untuk datang ke negaranya dong? Kira-kira seperti itu.


Mengenal Huruf Hiragana

Huruf Hiragana ini biasanya digunakan untuk menuliskan kata-kata yang berasal dari Jepang asli, sementara kata-kata serapan yang berasal dari luar Jepang biasanya dituliskan dengan menggunakan huruf Katakana.

Jumlah huruf Hiragana ini ada 46 dasarnya, kemudian tambahannya yang menggunakan garis dua atau bulatan di atasnya dan penggabungan antara huruf konsonan dengan huruf ya, yu, dan yo.

Hiragana ini merupakan bentuk penyederhanaan dari Kanji yang dikembangkan pada abad ke-8 hingga abad ke-10.

Kalau teman-teman mau menghafalnya coba saja, ngga susah kok. Asal ada kemauan pasti akan cepat menghafalnya, yang susah itu kalau kita sudah berhadapan dengan huruf Kanji.

Jadi kalau begitu saya sudahi dulu sharing dari saya kali ini mengenai apa itu huruf Hiragana ya. Semoga bermanfaat.

Comments