Thursday, September 22, 2016

Belajar Membaca Tulisan Jepang

Belajar Bahasa Jepang Iman Prabawa - 皆さんこんにちは, kali ini saya mau sharing belajar membaca tulisan Jepang. Pertama kan kita belajar tulisan Hiragana dulu ya? Kemudian kita belajar Katakana dan kemudian baru kita belajar Kanji.

Nah yang saya rasakan ketika kita belajar menulis tulisan Hiragana seringkali ketika kita membaca, masih tergagap-gagap, ngerasa kaya gitu tidak? Makanya memang seharusnya kita juga belajar membacanya, agar ketika kita melihat tulisan Jepang di depan kita, apakah itu Hiragana, atau Katakana atau campur dengan Kanji juga kita bisa langsung membacanya dengan mudah dan lancar. Walau mungkin kita belum mengerti artinya.


Belajar Membaca Tulisan Jepang Dari Buku Anak-Anak

Nah kebetulan saya ada Japanese Graded Readers. Apa itu Japanese Graded Readers? Japanese Graded Readers itu adalah buku bacaan untuk anak-anak Jepang yang disusun berdasarkan levelnya. Ini juga ada di bahasa Inggris, dimana kita bisa belajar dari mula sekali seperti anak-anak Jepang belajar dari awal, kan mereka juga belajarnya tulisan Hiragana dulu dan kalau kita lihat buku-buku untuk anak-anak Jepang ditulisnya menggunakan Hiragana dulu agar mereka bisa lancar dulu membaca Hiragananya dan kemudian juga Katakananya baru lanjut ke Kanji.

Untuk belajar Kanji juga kan mereka dibagi-bagi juga, ngga langsung belajarin 2136 Kanji secara langsung, tapi ada level-levelnya juga.

Nah buku untuk anak-anak ini saya punya versi audionya juga dimana yang membacakannya juga adalah orang Jepang asli, jadi kita bisa membaca dengan mendengar audionya, bisa tahu kalau kita salah membacanya atau ngga dengan mendengar audio si orang Jepang membaca. Ini sangat bagus sekali untuk kita belajar pronunciation Jepang dari awal kita belajar bahasa Jepang.


Buku Pertama Japanese Graded Readers

Kita lihat bukunya dibawah ini, kemudian nanti tulisan yang ada disana akan saya masukkan kesini berikut juga dengan audionya satu per satu sehingga teman-teman bisa ikutan mempelajarinya dengan membaca dan mendengarkannya.

Belajar Membaca Tulisan Jepang


Yuk mari kita simak, saya akan berikan versi yang ada kanjinya, dan juga nanti di bawahnya akan saya buat juga versi yang semuanya Hiragana. Jadi terserah mau baca yang mana, lumayan untuk kita latihan membaca tulisan Jepang dan juga belajar pronunciationnya.

バス。

  鈴木正雄さんは、二十歳です。
鈴dibaca すず
木dibaca き
 正dibaca まさ
雄dibaca お
二 dibaca は
十 dibaca た 
歳 dibaca ち

  バスの運転手です。
運 dibaca うん
転  dibaca てん
手 dibaca しゅ
 
  毎日、上田から丸山まで、
毎 dibaca まい
日 dibaca にち
上 dibaca うえ
田 dibaca だ           
丸 dibaca まる
山 dibaca やま

  バスを運転します。
運 dibaca うん
転 dibaca てん


Nah sepertinya segitu dulu ya, dan saya rangkum aja buat yang ingin melatih membaca langsung di bawah ini, berikut juga dengan audionya.


Membaca Tulisan Jepang Dengan Kanji

Silakan bisa langsung dibaca di bawah ini,
バス。
鈴木正雄さんは、二十歳です。
バスの運転手です。
毎日、上田から丸山まで、
バスを運転します。




Membaca Tulisan Jepang Versi Hiragana

Dan dengan Hiragananya, untuk bagian yang Katakana tetap tidak dirubah ya,
バス。
すずきまさおさんは、はたちです。
バスのうんてんしゅです。
まいにち、うえだからまるやままで、
バスをうんてんします。



Nah kalau begitu sekian dulu ya mengenai belajar membaca tulisan Jepang ini. Nanti akan saya sambung di tulisan yang berikutnya. Karena ini kan masih untuk pemula banget, jadi mulai sedikit-sedikit dulu ya.



Baca juga:
  1. Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang
  2. Kanji Ki Dalam Ogenki Desuka
  3. Kanji Na Dalam Namae

Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang Iman Prabawa - 皆さんこんにちは, kali ini saya mau sharing mengenai cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Karena ini juga disharingkan oleh teman saya ketika kemarin di Universitas Darma Persada ada yang namanya Kaiwa Club, kegiatannya disitu adalah kita berbicara dengan menggunakan bahasa Jepang, jadi kita nantinya akan terbiasa.

Karena memang kalau menurut saya, bahasa itu hanya merupakan seberapa sering kita menggunakannya, kalau kita tidak pernah menggunakannya tiap hari ya sudah pasti kita akan lupa dan lupa dan tidak akan mungkin bisa fasih dan lancar dalam berbahasa.

Karena tahu ngga sih? Kita dalam sehari itu berapa ribu kata yang kita ucapkan? Kalau tidak salah kita mengucapkan sekitar minimal 10ribu kata dalam satu hari. Nah kalau itu kita gunakan ke bahasa yang ingin kita pelajari, tiap hari saja belajar rutin mengucapkan 10ribu kata tersebut, walau misalnya kata-katanya itu lagi dan itu lagi dan itu lagi, nanti akan membuat kita terbiasa dan kemudian jadi hafal dengan sendirinya dan pada akhirnya fasih deh.


Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Nah ini langsung saya sharingkan saja ya, catatan dari teman saya yang kemarin ikutan Kaiwa Club di Universitas Darma Persada. Saya belum ikut karena ngga tahu kemarin itu ada, mungkin minggu depan saya akan ikut, dan nanti akan Insya Allah rutin saya posting jadi sebuah catatan di blog saya ini, sehingga yang lain juga bisa ikutan belajar juga dan bisa mendapatkan manfaat dari blog belajar bahasa Jepang saya ini.

Nih buat yg kemaren gk ikut kaiwa club, kemaren di ajarin jiko shoukai atau perkenalan yg bener

Perkenalan yang basic, yang biasa dipakai, namun di variasikan dengan ditambahkannya hobi dan asal kota :

自己紹介 【じこそうかい】

1. おはようございます ⁄ こんにちは ⁄ こんばんは

2. 始めまして、私は Nama です。【はじめまして、わたしは Nama です。】

3. 趣味は Hobi です。【しゅみは Hobi です。】

4. 出身は Asal Kota です ⁄ Asal Kota から来ました。【しゅっしんは Asal Kota です ⁄ Asal Kota からきますた。】

5. どうぞよろしくおねがいします。

Kalo memperkenalkan diri di hadapan orang lain yang bukan mahasiswa / dosen unsada :

1. おはようございます ⁄ こんにちは ⁄ こんばんは

2. ダルマプルサダ大学の日本語学科、Tingkat Keberapa / Tahun keberapa。Nama です。どうぞよろしくおねがいします。【ダルマプルサダだいがくのにほんごがっか、Tingkat Keberapa / Tahun Keberapa。Nama です。どうぞよろしくおねがいします。】

catatan :
1. untuk jikoshoukai yg kedua gk harus darma persada, misalkan lo kerja di toyota bisa jadi begini トヨタの会社員 【Karyawan Perusahaan Toyota】

2. Trus yg Tingkatan itu bukan persemester itungannya, dan ditulis begini 一年生 【いちねんせい】  (Tahun pertama / Tingkat pertama), 二年生 【にねんせい】  (Tingkat kedua / Tahun Kedua) dan seterusnya.

3. Kosakata :
しゅみ Hobi
しゅっしん Asal Kota
から Dari
きます Datang
にほんごがっか Sastra Jepang
だいがく Universitas

Ini mau saya catat dulu aja disini baru nanti kalau saya sempat baru akan saya rapikan biar lebih enak untuk dipelajarinya dan ngga ngebuat bingung juga. Kalau seperti di atas, mungkin sepertinya masih ngebuat bingung ya? Nah makanya nanti Insya Allah kalau saya sempat akan saya buat lebih rapih lagi.

Sekian dulu kalau begitu sharing dari saya mengenai memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang ini. Semoga bisa bermanfaat. じゃ また



Baca juga:

Tuesday, September 13, 2016

Kanji Ki Dalam Ogenki Desuka

Belajar Bahasa Jepang Iman Prabawa - 皆さんこんにちは, kali ini kita akan belajar kanji ki di dalam kalimat ogenki desuka(お元気ですか。) yang mana arti dari お元気ですか。 adalah apa kabar?

Oke, tapi karena disini kita tidak membahas arti dari kalimatnya tapi lebih ke belajar kanjinya, maka artinya kita kesampingkan dulu ya dan gimana menjawab kalimat お元気ですか。tersebut. Yuk kita fokus dulu aja karena saya juga baru belajar ini. Hihihi kriuk kriuk


Kanji Ki

Nah kita bisa lihat bentuk kanji Ki pada skrinsut yang saya ambil dari buku A Guide to Reading and Writing Japanese di halaman 14, kanji ke-68. Langsung aja kita lihat bentuk kanjinya di bawah ini,

Kanji Ki Dalam Genki

Dibutuhkan 6 goresan untuk membuat kanji ki ini, dan nanti saya akan membuat videonya, agar nanti kalau saya lagi lupa dengan kanji ini nyarinya lebih gampang ketimbang harus membuka buku tersebut dan nyari satu per satu. Hihihi, sudah beberapa kali mengalami hal seperti itu dan kerasa banget membuang-buang waktu nyariin satu per satu kanji yang ingin kita temukan.


Video Kanji Ki

Videonya bisa kita tonton di bawah ini, ini saya langsung menuliskan aja dengan menggunakan Camtasia dan menggunakan Wacom Intuos saya, jadi kalau lupa tinggal langsung dilihat aja artikel ini dan akan langsung ingat lagi deh.


Kalau begitu sekian dulu ya mengenai kanji Ki dalam Ogenki Desuka ini, semoga bermanfaat dan tentunya buat saya juga untuk dokumentasi juga sih. Wassalam ya..



Baca juga:
  1. Kanji Na Dalam Namae
  2. Kanji Mae Dalam Namae
  3. Kanji Gen Dalam Ogenki Desuka

Kanji Na Dalam Namae

Belajar Bahasa Jepang Iman Prabawa - Halo teman-teman semuanya, kali ini kita akan belajar kanji na dalam kata namae(名前) yang artinya adalah nama. Misalnya dalam kalimat nama saya adalah Iman Prabawa, kalau ditulis dalam bahasa Jepang itu adalah 私の名前はイマンプラバワです。yaitu kalau saya tulis dengan tulisan romaji, tulisan yang saya gunakan ini di dalam judul disebut juga dengan sebutan tulisan romaji kalau oleh orang Jepang.

Jadi tulisan itu bacaannya adalah Watashino namae wa Iman Purabawa desu. Nah karena saya sekarang lagi mempelajari kanji, maka dari itu saya mempelajarinya dari frase kalimat seperti itu, jadi menghafalnya lebih enak.


Kanji Na Dalam Namae

Kita bisa lihat kanji Na di buku A Guide to Reading and Writing Japanese halaman 12, kanji ke-55. Kita lihat aja yuk pada gambar di bawah ini,

Kanji Na Dalam Namae

Nah seperti itu bentuk kanjinya dan butuh 6 goresan untuk membuat kanji ini. Ini saya tulis di blog ini karena saya sering lupa lagi dan lupa lagi, jadi saya pikir sekalian saja saya tulis di blog jadi nyarinya juga akan jauh lebih gampang.


Video Kanji Na

Dan untuk videonya bisa ditonton pada video di bawah ini,


Kira-kira seperti itu rupa dari kanji Na dalam namae dan juga cara membentuknya. Semoga bermanfaat, yang pastinya buat saya sih jadi mempermudah mencarinya ketimbang mencari di buku, agak lebih lama, kalau di sini bisa menggunakan fasilitas search aja deh.



Baca juga:
  1. Kanji Mae Dalam Namae
  2. Kanji Haji Dalam Hajimemashite
  3. Kanji Gen Dalam Ogenki Desu Ka

Kanji Mae Dalam Namae

Belajar Bahasa Jepang Iman Prabawa - Kali ini kita akan belajar kanji mae dalam namae(名前). 名前 itu kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah nama, jadi kalau misalnya saya menggunakan kalimat seperti ini, Watashino namae wa Iman Purabawa desu (私の名前はイマンプラバワです。) yang kalau saya artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah nama saya adalah Iman Prabawa.

Tapi karena kita akan belajar kanjinya, sekalian untuk saya biar ngga lupa-lupa lagi makanya saya buat aja di blog ini, kita akan belajar cara menulis kanjinya ya, bukan fokus di arti kalimatnya dulu.


Kanji Mae

Nah ini ada di buku A Guide to Reading and Writing Japanese halaman 36, kanji nomor ke-177. Kita lihat aja langsung pada skrinsut di bawah ini cara menulis kanji mae tersebut.

Kanji Mae

Kanji itu jelas berbeda dengan huruf katakana atau hiragana, maksudnya berbeda itu dalam artian, kanji di atas bisa memiliki banyak nama, bisa mae, bisa nanti jadi zen, sementara kalau huruf hiragana な(na) ini akan selalu na dimanapun dia berada. Nah maka dari itu untuk kanji saya menghafalkan kanjinya per frase aja, seperti apa yang saya lakukan di dalam belajar bahasa Inggris yang diajarkan oleh A.J.Hoge, karena mempelajari lepasan begini ibarat ranting pohon, yang ngga ada artinya kalau ngga dalam satu pohon utuh.

Akan membuat kita jadi tambah bingung nantinya, tapi kalau kita mempelajarinya dalam satu bentuk kalimat maka akan lebih mudah juga untuk kita mengingatnya dan juga mengerti konteks penggunaannya.


Video Kanji Mae

Nah berikut ini saya tinggal membuat videonya, biar saya ngga lupa lagi kalau mencari kanji tersebut, karena yang saya rasakan kalau saya lupa, saya harus mencari lagi di antara 2000-an karakter kanji yang ada di buku tersebut. Ribet dan cape nyarinya, makanya saya membuat aja blog ini biar kalau lupa tinggal gampang deh nyarinya.

Okey, kita langsung saja lihat video kanji mae di bawah ini,


Nah semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat juga untuk teman-teman walau memang tulisan ini lebih saya tujukan untuk saya sendiri biar ketika saya lupa tinggal gampang saja untuk mencarinya. Sekian dulu mengenai kanji mae dalam namae ini dan wassalam.



Baca juga:
  1. Kanji Gen Dalam Ogenki Desuka
  2. Kanji Haji Dalam Hajimemashite
  3. Kanji Ima Nan Ji

Kanji Gen Dalam Ogenki Desuka

Belajar Bahasa Jepang Iman Prabawa - Halo kali ini saya lagi menghafal kanji gen di dalam kalimat お元気ですか? (O genki desu ka?) Nah itu ada kanji gen, dimana saya memang lagi belajar menulis dan menghafalkan kanji-kanji, jadi ada beberapa level, dan ada kurang lebih sekitar 2136 kanji kalau kita mau dibilang fasih di dalam bahasa Jepang.

Memang jumlah kanji lebih dari jumlah yang saya sebutkan di atas, tapi menguasai sejumlah kanji tersebut sudah bisa dibilang kita lancar, kita sudah bisa baca korannya Jepang kalau kita menguasai 2136 kanji yang ada.


Arti Ogenki Desuka? (お元気ですか)

Ogenki desuka itu artinya adalah apa kabar? Biasanya kalimat ini diucapkan kalau kita baru bertemu dengan orang. お元気ですか? Nah kemudian kita menjawab dengan genki desu, kalau memang kabar kita baik.

Tapi karena pembahasan kita saat ini bukan membahas arti kalimat ini tapi lebih kepada kanjinya, maka kita lihat saja yuk bentuk kanji gen dalam お元気ですか? di bawah ini,

Kanji Gen

Nanti videonya menyusul, saya memang perlu membuat videonya agar tidak lupa lagi dan lupa lagi dan lupa lagi. Ini dari buku A Guide to Reading & Writing Japanese halaman 24, kanji ke-117.


Video Kanji Gen

Berikut ini adalah video cara membuat kanji gen, di gambar di atas sih sebenarnya sudah ada, tapi saya ingin melengkapi aja sekalian saya juga latihan membuat kanji gen di dalam kalimat お元気ですか? (O Genki desuka) ini.



Nah kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai kanji Gen dalam Ogenki desuka. Wassalam.



Baca juga:
  1. Kanji Haji Dalam Hajimemashite
  2. Kanji Gakkou
  3. Kanji Ima Nan Ji

Saturday, September 3, 2016

Arti Hajimemashite Dalam Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang Iman Prabawa - Arti hajimemashite dalam bahasa Jepang itu adalah apa kabar, kalau diartikan ke dalam bahasa Inggris, biasanya diartikan sebagai nice to meet you. Nah kata hajimemashite ini biasanya diucapkan ketika seseorang baru pertama kali bertemu dengan seseorang. Jadi kalau sudah bertemu beberapa kali ngga perlu mengucapkan kata ini lagi.

Kalau apa kabar itu kan di Indonesia itu bisa diucapkan tiap kita ketemu sama orang kan ya? Nah kalau apa kabar yang itu di bahasa Jepang biasanya kita mengucapkan o genki desu ka? (お元気でくか?)

Arti Hajimemashite 

Nah jadi hajimemashite itu biasanya diucapkan hanya saat pertama kali kita bertemu dengan seseorang, dan biasanya setelah itu terjadi perkenalan. Hajimemashite biasanya dituliskan dengan huruf hiragana.

Arti Hajimemashite Dalam Bahasa Jepang


Kanji Hajimemashite

Kata hajimemashite ini juga bisa dituliskan dengan menggunakan huruf kanji di bagian depannya pada kata haji, atau kita bisa lihat pada gambar di bawah ini,

Hajimemashite

Ada dua kanji untuk haji ini, bisa menggunakan kanji yang di atas, atau menggunakan kanji seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

Kanji Haji Alternatif

Nah dua-duanya bisa digunakan, dan untuk penulisannya saya sudah membuat artikelnya di artikel saya yang berjudul Kanji Haji Dalam Hajimemashite. Silakan aja dibaca, disitu juga saya embedkan video saya menuliskan kanji haji tersebut.

Semoga apa yang saya sharingkan pada tulisan arti hajimemashite dalam bahasa Jepang ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Ja mata!



Baca juga:
  1. Apa Itu Huruf Hiragana?
  2. Kanji Ima Nan Ji
  3. Kanji Gakkou